Pages

Sabtu, 16 Maret 2013

Kegelisahan sang Duryudana



            Cita – cita hidup bahagia pastinya diharapkan tiap manusia , bahkan lebih ekstrim lagi jika kebahagiaan itu di kala kekinian identik dengan jabatan yang tinggi , banyak uang , istri cantik lebih dari satu , jika perlu semua bisa bertahan hingga seratus turunan jika itu memungkinkan .Dan itu juga yang dirasakan sang Prabu Duryudana Raja Hastina Pura , dimana dalam benaknya selalu ingin dapat mempertahankan kekuasaan meskipun hal itu sulit serta diperkirakan banyak memakan korban .
Bagaimana tidak sejak prabu duryudana menjadi raja Hastina pura berbagai aksi kelicikan dan keserakahan telah dipertontonkan begitu sempurna .Karena sebenarnya tahta hastina pura bukanlah milik Duryudana namun dengan segala cara dan upaya akhirya tahta Hastina pura jatuh ketangan sang prabu cs .
Waktu berlalu masa berganti … pendawa lima kembali mengugat tahta hastina pura . Pandawa ingin tahta hastina pura diletakkan pada tempat yang semestinya yaitu dimiliki pandawa seutuhnnya .
Sang prabu Duryudana sebenarnya dalam hati kecil yang paling dalam merasa legowo andaikata tahta Hastina Pura diserahkan sepenuhnya pada Pandawa . Lagi – lagi pergolakkan terjadi karena hamper semua mayoritas Punggawa Hastina Pura menolak hal itu . Dengan alasan penyerahan tahta hastina pada pandawa itu sama saja bunuh diri .Saudara – saudara sang prabu mengatakan …jika tahta hastina diserahkan pada pandawa dimana lagi kita bisa korupsi …dimana lagi kita bisa menarik pajak yang tinggi …punya mobil mewah dengan mudah serta bisnis dengan gampang . “Kakang prabu saya tidak setuju dengan keputusan ini , apapun yang terjadi tahta hastina harus dipertahankan “, Kata sang burisrawa dengan lantang .Senada dengan burisrawa sang mahapatih sangkuni juga tidak setuju , dengan berlagak sok arif sang mahapatih berkata, “ Nak mas prabu tahta hastina … harus dipertahankan karena ini sudah menjadi hak dari nak mas prabu … karena selama ini nak mas prabu telah bersusah payah membangun menjaga hastina pura ..” .
Sang prabu Duryudana mengeryitkan dahi …ada kegelisahan terpapar diwajahnya .Benar ucapan burisrawa dan tidak salah apa kata paman patih sangkuni . Hastina harus dipertahankan …salah atau benar , legal atau illegal yang penting kurawa cs bisa hidup berkecukupan dengan harta benda berlimpah ruah.
Pertanyaan muncul dibenak sang prabu yang tengah gelisah , lantas apa yang mesti dilakukan supaya pandawa tak bisa meminta negeri Hastina pura,, tak ada jalan lain pandawa harus lenyam dari muka bumi hastina dengan cara apa juga .
Perang baratayuda …menjadi pilihan utama, tak peduli korban besar akan berjatuhan , namun atas nama bahagia dunia itu harus dilakukan. Kalau perlu trik intrik licik digelar untuk menghabisi pandawa …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar